DI AL-JAUHAR, GURU DAN PEMBINA PUN DIUJI


Sebagai guru yang bekerja secara profesional, guru memiliki kewajiban utama mengajar, mendidik, memberi bimbingan, mengarahkan, hingga mengevaluasi santri. Oleh karena itu, seorang guru haruslah memiliki kompetensi yang mumpuni sesuai dengan bidang keahliannya.

di Pondok Modern Al-Jauhar IKHD tidak hanya santri saja yang diuji pemahamannya terhadap suatu materi melalui ulangan atau ujian, akan tetapi di Al-Jauhar guru pun harus mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk mengetahui sejauh mana penguasaan guru terhadap materi dasar yang meliputi ( Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Tes Potensi Akademik dan Keguruan ).

UKG ini wajib diikuti oleh seluruh guru Pondok Modern Al-Jauhar IKHD, UKG dilaksanakan dalam 2 tahap :

UKG Tahap Pertama merupakan UKG Tulis yang diikuti oleh seluruh guru dan pembina, dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 November 2023 dan seluruh perserta harus menyelesaikan sebanyak 120 soal dari jam 08.30 hinggal jam 11.00.

UKG Tahap Kedua, merupakan UKG Lisan yang dilaksanakan pada Ahad, 19 November 2023 dan hanya diikuti oleh pembina saja, pada UKG lisan ini setiap pembina dipanggil satu persatu ke dalam ruangan oleh penguji untuk kemudian diuji kemampuannya dalam 3 hal yang meliputi Hafalan Qur'an, Hafalan Hadist dan Bacaan Al-Qur'an.

Bapak Pimpinan mengatakan dalam sambutannya bahwa pelaksanaan UKG pada tahun ini merupakan UKG yang ke V dan merupakan kelanjutan dari UKG - UKG sebelumnya yang selalu dilaksanakan pada setiap akhir semester, oleh karena itu sudah sepatutnya pelaksanaan UKG ini semakin baik dan menghasilkan guru dan pembina yang berkualitas.

UKG ini sudah menjadi sistem di Pondok Modern Al-Jauhar, oleh karena itu guru atau pembina yang berhalangan hadir pada tanggal pelaksanaan UKG akan tetap mengikuti UKG susulan yang waktu dan tempatnya sudah ditentukan oleh panitia pelaksana.

Posting Komentar untuk "DI AL-JAUHAR, GURU DAN PEMBINA PUN DIUJI"

jauhartv

Loading...