“At-Tarbiyah Al-Amaliyah”: Beginilah Rahasia Al-Jauhar Mencetak Guru yang Handal

Muhammad Hadi Santri Akhir KMI Kelas 6B yang tampak lihai saat melaksanakan Praktek Mengajar Perdana di Gedung Ali Bin Abi Thalib 105
Seirama dengan kurikulumnya yakni Kulliyatu al-Mu’allimin al-Islamiyyah (KMI), Pondok Modern Al-Jauhar IKHD selalu berupaya untuk mencetak guru-guru yang handal. Gagasan ini muncul atas dasar ketidakpuasan Al-Jauhar terhadap kurikulum yang berjalan di Indonesia. Di mana kurikulum akan berubah seiring bergantinya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Untuk itulah Al-Jauhar mencanangkan program KMI, yang berarti Persemaian Guru-guru Islam.

Salah satu penunjang untuk program ini adalah Kegiatan at-Tarbiyah al-Amaliyah. Kegiatan yang dikhususkan untuk santri akhir KMI ini berupa praktek mengajar di dalam kelas, dengan beberapa teman lain yang mengoreksinya. Dilanjutkan dengan Darsu an-Naqd, atau yang biasa disebut dengan Pelajaran Mengkritisi. Di mana guru praktek dikritisi oleh teman-temannya dengan kritikan yang adil, ikhlas, manfaat, membangun, dan benar (sesuai fakta).

Kegiatan rutinitas tahunan ini berlangsung selama 9 hari, Senin (11/11) s.d. Rabu (20/11). Dimulai dengan review pelajaran Tarbiyah, micro teaching, evaluasi, dan pengarahan oleh Bapak Pimpinan. Lalu pada Senin (11/11), diadakan Prakter Mengajar Perdana yang dilaksanakan oleh dua orang santri terpilih. Mereka dibagi ke dalam dua kelompok besar, yang ditempatkan di dua lokasi yang berbeda.

Kedua santri tersebut adalah :
  1. Muhammad Hadi, Kelas 6B, Tempat Praktek Amaliyah di Gedung Ali Bin Abi Thalib 105.
  2. Fadilah Nurul Fitri, Kelas 6A, Tempat Praktek Amaliyah di Gedung Pertemuan Pondok Modern Al-Jauhar.

Hingga akhir pelaksanaan Praktek Perdana ini, segenap pembimbing utama masing-masing kelompok menyatakan apresiasi yang luar biasa. Pasalnya, tiap guru praktek dapat menjalankannya dengan baik dan patut untuk menjadi contoh bagi yang lainnya. Semoga seluruh santri akhir Golden Generation, senantiasa diberkahi kemudahan dan kelancaran dalam segala hal, terutama dalam Praktek Mengajar ini. Aamiin

jauhartv

Loading...