Majelis Tahfidz Al-Jauhar : Inilah Cara Al-Jauhar Mencetak Generasi Qurani

Para Santri Sedang Antri untuk menyetor hafalan al-Qur'an Masjid Pondok Modern Al-Jauhar IKHD
Sejumlah Santri Pondok Modern Al-Jauhar menyetorkan hafalan al-Qur’an setiap hari dalam kegiatan “Setoran Rutin Qur’an” yang diadakan oleh Majelis Tahfidz Al-Jauhar di Masjid.

Setoran ini berajalan lancar dan patut disyukuri karena sebagian santri masih menyandang status santri baru, dan Al-Jauhar bukanlah Pondok Pesantren khusus jurusan al-Qur’an atau ma’had khusus penghafal, akan tetapi berkat tekat Majelis Tahfidz Al-Jauhar dan diikuti oleh semangat para santri yang begitu tinggi untuk menghafal al-Qur’an,” maka kegiatan “Setoran Rutin Qur’an” ini berjalan lancar, terang Al-Ustadz Roidus Sadam, S.Pd.I sambil menyebut beberapa tantangan berat dalam menjaga hafalan al-Qur’an. 

Selain dari itu beliau juga menyampaikan bahwa : 
Dengan menghafalkan al-Quran,  paling tidak, sel syaraf yang ada pada otak seorang santri sedikit demi sedikit bisa terprogram dengan teratur.  Dengan cara-cara itu,  saya rasa apabila diberikan secara rutin kepada santri, maka akan berimbas kepada kehidupan santri yang terprogram sedikit demi sedikit,  sehingga akan menumbuhkan kecerdasan dan melahirkan generasi generasi qur’ani yang hebat.
Acara penyetoran hafalan qur’an berlangsung setiap hari setelah shalat subuh hingga jam 06.00 WIB dan berlanjut hingga setelah shalat asar. Santri penghafal tersebut masing-masing didampingi oleh santri lainnya untuk menyimak kefasihan dan kelancaran hafalan sekaligus bacaan mereka. Selain itu, beberapa Ustadz dari Majelis Tahfidz Al-Jauhar juga turut hadir bertugas mengontrol kelancaran rutinitas kegiatan tersebut.

Ke depan, disamping kesibukan para santri oleh berbagai macam aktifitas, Al-Jauhar menargetkan santri mampu menyetorkan hafalan Al-Qur’an hingga 30 juz selama mondok di Pondok Modern Al-Jauhar IKHD Duri, tentunya dengan memaksimalkan program halaqah, tahsin, tadwid, setoran tahfidz di kelas dan setoran rutin di masjid.

Untuk diketahui, Pondok Modern Al-Jauhar saat ini memiliki program unggulan berupa menghafal al-Qur’an di bawah naungan Majelis Tahfidz Al-Jauhar yang diketuai olah Al-Ustadz Yahya Setiadi, S.T, S.Pd.I, dan program ini dikenal dengan beberapa keunggulan di antaranya bahasa Arab aktif dan hafalan al-Qur’an yang kuat.

jauhartv

Loading...