Ust. Nana Nashiruddin, S.Pd : PJJ Menggunakan Aplikasi Google Classroom dan Google Meet

Pesan dan nasehat Bapak Pimpinan dalam rangka rapat perdana guru dan pembina Pondok Modern Al-Jauhar IKHD
PJJ = Pembelajaran Jarak Jauh / Online.
Sesuai dengan salah satu falsafah pondok, Al-Ma’hadu La Yanaamu Abadan (Pondok tidak tidur selamanya). Menjadi patokan bagi seluruh majelis pimpinan, pembina, serta guru-guru Pondok Modern Al-Jauhar baik guru yang tinggal luar pondok maupun yang tinggal di dalam untuk selalu berusaha menghadirkan suasana pondok yang madani. Tetap semangat menyusun persiapan mengajar dikala masa pandemi covid-19, walaupun kegiatan belajar mengajar terpaksa dilakukan secara online atau belajar jarak jauh.

Maka tepat pada hari Sabtu, 18 Juli 2020 pagi diadakan pengarahan pembuatan modul pembelajaran, serta pengarahan sekaligus pembagian jadwal mengajar guru Pondok Modern Al-Jauhar. Pengarahan kali ini dilakukan di Masjid Jami’ Al-Jauhar yang pada tahun sebelumnya biasanya dilaksanakan di gedung pertemuan, mengingat perlunya untuk saling menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya.

Acara dihadiri oleh seluruh guru lama maupun baru, dan majelis pimpinan, dimulai dengan sambutan dari Al-Ustadz. Haryono M.Pd.I selaku Pimpinan Pondok modern Al-Jauhar, beliau menjelaskan berbagai usaha yang telah dilakukan majelis pimpinan dalam menyikapi pandemi ini, mulai dari rekayasa berbagai kegiatan, sarana pra sarana guna memutus tali penyebaran virus corona.

Dilanjutkan dengan pengarahan pembuatan modul oleh Al-Ustadz. Nana Nashiruddin,S.Pd selaku Direktur KMI. Dalam pengarahan tersebut beliau menjelaskan kegiatan guru dimulai pada tanggal 20 - 30 Juli 2020 dari jam 07:30 - 11:30, setiap hari kerja seluruh guru menyusun modul pembelajaran yang akan dikerjakan oleh santri di rumah. Adapun modul yang berbentuk LKS serta memiliki bermacam soal - soal di setiap judul pelajarannya.Kemudian beliau menjelaskan syarat yang harus diselesaikan oleh setiap santri sebelum mengikuti pembelajaran secara online, setiap santri harus melunasi pembayaran daftar ulang sebagai syarat untuk memperoleh kelas baru, modul pembelajaran dll.
Kegiatan pembelajaran jarak jauh ini akan segera dimulai pada tanggal 18 Agustus 2020, Jam 07:00 sampai 12:00 WIB dengan menggunakan aplikasi google classroom, google meet sehingga santri dan guru tetap bisa saling berkomunikasi walaupun tidak tatap muka secara langsung tutur Ust. Nana Nashiruddin, S.Pd selaku bapak Direktur KMI Pondok Modern Al-Jauhar.
Terakhir beliau menegaskan kepada seluruh pembina bahwa selama penyusunan modul pembelajaran ini, seluruh pembina Pondok Modern Al-Jauhar wajib menetap di pondok dan tetap melakukan kegiatan gotong - royong pada pagi harinya kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pembuatan modul hingga pembuatan modul dapat selesai sesuai target. Acara ditutup dengan pembacaan wali kelas baru untuk tahun pelajaran 2020 -  2021.

jauhartv

Loading...