BERBUKA DAN SAHUR ALA IKPMJ JATENG DAN DIY

(Oleh Riduwan, S. Ag)
(Alumni 2014 Diamond Generation)


Pada edisi puasa bulan Ramadhan tahun ini, IKPMJ Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengadakan agenda sedikit berbeda dari edisi-edisi Ramadhan sebelumnya.

Biasanya kegiatan yang kerap dilakukan hanya buka bersama (bukber) dengan konsep penunjukan tuan rumah di kota tertentu. Namun, pada edisi kali ini, kegiatan sahur bareng juga ikut dilaksanakan.

Kedua kegiatan tersebut dapat berjalan, sebab pengurus IKPMJ Jateng dan DIY tahun ini memberikan kebebasan terkait kegiatan Ramadhan kepada anggota ranting IKPMJ masing-masing. Sehingga kegiatan bukber diadakan oleh IKPMJ ranting Yogyakarta. Sedangkan sahur bersama diambil alih oleh IKPMJ ranting Jateng, dengan konsep nya Masing-masing.

Muhammad Praja selaku Ketua Umum IKPMJ Jateng dan DIY, menjelaskan bahwa ada pun yang melatarbelakangi kegiatan acara bukber dan sahur bersama itu dilaksanakan tak lain dan tak bukan untuk merealisasikan semangat ukhuwwah sesama lulusan maupun mereka yang pernah menimba ilmu di Pondok Modern Al-Jauhar IKHD tanpa harus kelelahan dalam perjalanan.

"Walaupun kegiatan dilakukan secara terpisah, namun tidak menjadi hambatan untuk mencapai keberkahan dan keistimewaan bulan Ramadhan, asalkan memilki niat dan keikhlasan maka semua hal akan terasa mudah dan indah untuk dilaksanakan", tambah alumni angkatan 2020 itu.

Kemudian, lanjutnya lagi, saat acara itu para peserta dapat bernostalgia tentang rutinitas puasa ramadhan saat mondok dahulu. Dan disisi lain, kesempatan tersebut juga dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang positif dan produktif lainnya dengan harapan mendatangkan kemaslahatan bagi anggota IKPMJ Jateng dan DIY.

"Diskusi ataupun sharing tentang pengalaman organisasi, perkuliahan, berjejaring dan lain sebagainya juga ada loh," jelas aktivis UIN Sunan Kalijaga itu.

Berjalannya Acara :

Bertema "bersama meraih keberkahan di bulan Ramadhan meskipun jauh dari kampung halaman", kegiatan Bukber yang diadakan oleh IKPMJ ranting Yogyakarta diadakan pada hari Kamis, 7 April 2022 di Pondok Cabe Bistro, Yogyakarta.

Sebelum kegiatan inti dilangsungkan, terlebih dahulu peserta bukber melakukan ngabuburit dengan menikmati suasana senja kota Yogyakarta. Baru kemudian memasuki acara inti dan dilanjutkan dengan bincang santai hingga kegiatan usai.

Nuansa kekeluargaan, keakraban, dan kenyamanan menambah vibes keseruan dalam bukber tersebut. Keadaan itu diungkapkan langsung oleh salah satu peserta Fadila Azhari.

"Seseru itu ya ternyata, walau belum semua berkesempatan hadir, tapi tetap terlihat solidaritasnya, jadi nyaman aja gitu dan gak canggung," tutur mahasiswi jurusan Teknik Dirgantara itu.

Sehingga aktivis di Institut Teknologi Dirgantara Adisucipto itu tanpa ragu berharap, kedepannya bisa terus mempertahankan solidaritas yang ada dan kenyamanan buat semua orang yang terikat dalam tali paguyuban IKPMJ Jateng dan DIY ini.

Sedangkan, IKPMJ ranting Jateng yang memilih kegiatan tidak biasa yaitu sahur bersama, melangsungkannya pada Ahad, 10 April 2022 di Semarang tepatnya di kediaman Jalaluddin Akbar dkk.

Acara dengan tema "Harmonisasi kegiatan pondok dalam satu wadah di malam Ramadhan penuh berkah" tersebut dimulai setelah sholat terawih di tempat masing-masing, kemudian seluruh anggota terlebih dahulu berkumpul dan melakukan kegiatan olahraga badminton bersama di Balai RW 07 Kelurahan Purwoyoso, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang hingga jam dua dini hari. Selepas itu, lewat pembagian tugas dan gotong royong layaknya santri, para peserta dengan kompak mempersiapkan menu dan tempat sahur bersama.

Dengan konsep makan tajamu' ala santri menggunakan nampan. Di mana satu nampan untuk peserta putra dan satu nampan untuk peserta putri. Kemudian, kegiatan itu ditutup dengan melaksanakan sholat subuh berjamaah di mushola at-Taubah yang berada persis di samping tempat acara berlangsung.

Posting Komentar untuk "BERBUKA DAN SAHUR ALA IKPMJ JATENG DAN DIY"

jauhartv

Loading...