KETUA YAYASAN IKHD ADAKAN DISKUSI DAN SHARING DENGAN IKPMJ JATENG-DIY SAAT KUNJUNGAN KE YOGYAKARTA


(Oleh Devi Permatasari – Alumni 2019)
Di tengah kegiatannya selama berada di Yogyakarta, Bapak Drs. H. Afriandi Ketua Yayasan Ikatan Keluarga Haji Duri (IKHD) menyempatkan diri untuk silaturahmi dengan alumni PM. Al-Jauhar yang tergabung dalam organisasi yang sering disebut dengan IKPMJ Cabang Jateng-DIY pada Ahad, (18/09/22).

Bertempat di Wistara Coffe, jalan Jenangan Raya Yogyakarta, kegiatan itu dihadiri oleh 10 orang perwakilan dari anggota IKPMJ Yogyakarta.

Dalam lawatannya tersebut, Drs. H. Afriandi mengadakan diskusi dan sharing tentang agenda yang akan dirancang untuk mempererat silahturahmi antara alumni dengan pondok, terutama dengan IKPMJ Jateng-DIY, yang dinilainya cukup aktif sejauh ini. Tak lupa, beliau juga mendengarkan, memotivasi dan memberikan arahan, serta dukungan atas program yang direncanakan IKPMJ Jateng-DIY.

"Kita (pengurus yayasan) akan berusaha membantu program-program yang diwacanakan oleh IKPMJ Jateng-DIY, " Tegasnya.

Sebab menurutnya, kegiatan IKPMJ itu harus disupport agar tetap aktif. Tidak hanya sebatas di dalam daerah saja, tetapi juga di luar daerah. Sehingga, kebesaran dan kebanggaan sebagai anak yang pernah menempuh pendidikan di PM Al-Jauhar itu tidak luntur dan terus bergelora.

Apalagi salah satu faktor pondok lebih dikenal dan diakui masyarakat dan instansi lain yaitu lewat pencapaian alumni-alumninya. Dan alumni jika ingin terus bergerak dan bangga membawa nama pondoknya harus diperhatikan dan diikat dalam satu wadah, sehingga tetap satu rasa, karsa dan tujuan. Untuk alumni PM Al-Jauhar itu diikat dan disatukan lewat IKPMJ dan IKPMJ juga butuh mendapatkan didukung dan perhatian dari para petinggi pondoknya agar terus hidup dan bertumbuh, salah satunya dari Yayasan IKHD.

Di samping itu, ia juga berharap, apa yang didapatkan anggota IKPMJ selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi, nantinya dapat bermanfaat terutama untuk pondok dan juga masyarakat.

Adapun poin yang menjadi masukan penting bagi Ketua Yayasan IKHD dalam pertemuan tersebut ialah bahwa Pondok dapat mengadakan sosialisasi atau ekspo kampus dan lembaga pendidikan. Di mana kegiatan ini merupakan kegiatan pengenalan kampus atau lembaga pendidikan lanjut yang berhasil ditembus oleh alumni PM Al Jauhar baik di dalam dan luar negeri terutama untuk santri tingkat akhir.

Hal tersebut dibenarkan oleh M. Praja, ketua IKPMJ Jateng-DIY, baginya ketika anggota IKPMJ diberikan kesempatan mensosialisasikan kampus dan lembaga pendidikan yang ditempati, tentu akan menarik lebih banyak alumni untuk meneruskan jenjang pendidikan ke berbagai penjuru yang ada. Sehingga, jejaring dan persebaran anggota IKPMJ semangkin banyak dan luas.

"Jadi adek-adek itu juga gak bingung, setelah mengabdi akan melanjutkan ke mana, karena mereka sudah ada gambaran dan juga bisa minta bantuan ke IKPMJ terkait," tambah mahasiswa UIN Sunan Kalijaga itu.

Di sisi lain, menurut Praja, bentuk support yang diberikan para petinggi di lingkaran pondok juga akan menjadi pengerat ikatan dan penyemangat agar IKPMJ terus bergerak dan berinovasi sehingga dapat menghadirkan kemanfaatan buat masyarakat sekitar dan pondok khususnya.

Dan baginya, apa yang dilakukan oleh Ketua Yayasan IKHD menjadi salah satu bentuk support dan perhatian ke pada IKPMJ, khususnya IKPMJ Jateng-DIY. Sehingga menjadi suntikan semangat, dan meningkatkan kepercayaan diri untuknya dan juga anggota IKPMJ Jateng-DIY yang lain.

"Lewat IKPMJ inilah kemudian cara alumni untuk terus memperoleh keberkahan dan mengabdi kepada pondok, tapi yang namanya santri tetep saja butuh motivasi, arahan dan support dari masyayikh pondoknya agar tetap rekat dan semangat," tutup alumni angkatan 2020 itu.

Posting Komentar untuk "KETUA YAYASAN IKHD ADAKAN DISKUSI DAN SHARING DENGAN IKPMJ JATENG-DIY SAAT KUNJUNGAN KE YOGYAKARTA"

jauhartv

Loading...