SANTRI AKHIR KMI ARZA REMEGION IKUTI UJIAN AKHIR GELOMBANG 1 : AWAL DARI SEBUAH PERJUANGAN

Santri Akhir KMI Arza Remegion sedang menghadapi ujian tulis gelombang pertama, ujian tersebut berlangsung selama 5 hari yang diikuti 98 peserta, 56 putra dan 42 putri, dimulai pada hari Jum’at (16/12) hingga hari Selasa (20/12). Ujian berlangsung di pagi hari mulai pukul 07.15 WIB hingga pukul 10.45 WIB yang bertempat di Gedung Ali Bin Abi Thalib lantai 1 dan 2.

Adapun materi yang diujikan berjumlah 10 Mapel, diantaranya yaitu Imla’, Mahfudzot, Dictation, Durusullughah (Bahasa Arab), tarikh Islam, Tajwid, Tarjamah, Kepontren dan Shorof. Semua soal ujian berbentuk essai, dan dalam sehari, dua mata pelajaran diujikan dengan durasi masing-masing 90 menit. Untuk metode pembuatan soal-soal menggunakan pendekatan High Order Thinking Skill (HOTS), yaitu berpikir analisis, sintesis dan evaluatif.

Sebagaimana sunnah pondok yang sudah berjalan, setiap kegiatan selalu diawali dengan pengarahan, pada tanggal 16 Desember 2022 pagi tepatnya sebelum ujian hari pertama dilaksanakan seluruh peserta ujian dari santri akhir dan para guru pengawas mengikuti apel pengarahan di depan kantor KMI untuk mendengarkan pesan dan nasehat dari Bapak Piminan.

Ujian Akhir Gelombang I ini juga menjadi langkah pertama dalam tahapan-tahapan ujian selanjutnya. Masih ada Ujian Gelombang II, Ujian Lisan, praktik mengajar, penulisan paper berbahasa arab atau inggris, serta ujian kompetensi bahasa arab dan inggris.
Ujian Santri Akhir memanglah sebuah perjalanan panjang terberat untuk mereka. Namun, inilah bekal terbaik yang dapat diberikan pondok untuk menciptakan kader pemimpin yang ulama dan intelek. Bukan sekedar ulama atau intelek saja. Akan tetapi, keduanya.

Posting Komentar untuk "SANTRI AKHIR KMI ARZA REMEGION IKUTI UJIAN AKHIR GELOMBANG 1 : AWAL DARI SEBUAH PERJUANGAN"

jauhartv

Loading...