SHALAT IDUL ADHA 1444 H DI PONDOK MODERN AL-JAUHAR IKHD NAN DAMAI


Pondok Modern Al-Jauhar IKHD gemakan takbir sejak Rabu malam setelah shalat Maghrib 28 Juni 2023 dan kumandang takbir kembali dilanjutkan setelah shalat isya dilapangan basket putra dan putri kemudian dilanjutkan dengan takbir keliling pada pagi Kamis, 29 Juni 2023. Persiapan panitia shalat pun tak kalah sibuknya mulai mensterilkan lokasi shalat ‘id di lapangan basket putri, membersihkan area, menyiapkan karpet untuk peserta shalat ‘id dan lain sebagainya.

Pelaksanaan sholat Idul Adha 1444 H secara berjama’ah bersama seluruh santri, guru, pembina dan beberapa warga sekitar pondok di lapangan basket putri yang di imami oleh Al-Ustadz Solihuddin, S.Pd, khatib Al-Ustadz Asyari Badi Alhaq, Lc dan bilal Al-Ustadz Frangkas pada Kamis, 29 Juni 2023 pagi.

Al-Ustadz Asy'ari Badi Alhaq, Lc yang merupakan Alumni Al-Jauhar dan lulusan timur tengah itu menyampaikan pesan dalam khutbahnya : 
Hari Raya Idul Adha, Ibadah Qurban, serta ibadah haji, terdapat berbagai hikmah, asraar, serta pelajaran yang dapat kita ambil. Di antaranya, kita dapat melihatnya dari 5 dimensi; yaitu dimensi penjagaan agama, jiwa, akal, keturunan, serta harta. Atau biasa disebut Hifdz diin, hifdz nafs, hifdz aql, hifdz nasl, dan hifdz maal. Lima dimensi yang oleh para ulama dijabarkan sebagai Dharuriyyat Al-Khams dalam Maqasid Sharia.
Idul Adha juga merupakan hari yang sangat istimewa dan berbeda dengan hari lainnya, dalam Idul Adha bagian dari sejarah dalam Islam, terdapat unsur pengurbahan, pengabdian, penyempurnaan dalam Islam. Dan Haji merupakan bagian dari sejarah amaliyah Nabi Ibrahim”.


Dalam ibadah haji juga melambangkan kesamaan menjadi hamba Allah, semua jama’ah menggunakan pakaian ihram yang sama putih, melakukan amaliyah haji dengan serentak dan seragam menandakan semua makhkuk hidup yang di ciptakan Allah adalah sama tidak ada kategori ras atau golongan level tertentu”.

Pengorbanan dan ketabahan Ibrahim juga ketaatan seorang Ismail berbuah manis, ternyata Allah mengganti sembelihan Ibrahim dengan seekor domba yang sehat dan besar, dan hingga saat ini apa yang silakukan oleh Ibrahim di teladani oleh ummat Islam di dunia.

Posting Komentar untuk "SHALAT IDUL ADHA 1444 H DI PONDOK MODERN AL-JAUHAR IKHD NAN DAMAI"

jauhartv

Loading...