MENGASAH KEMAMPUAN BERBAHASA DENGAN KEGIATAN FATHU-L-MU’JAM


“Al-lughotu taju-l-ma’had”, bahasa adalah mahkotanya pondok. Kalimat tersebut sudah menjadi motto yang senantiasa diperdengarkan kepada seluruh penghuni Pondok Modern Al-Jauhar IKHD dalam rangka menekankan akan pentingnya berbahasa resmi Arab dan Inggris.

Kegiatan rutin tahunan ini dikhususkan bagi seluruh santri kelas 5 KMI dan dibimbingan langsung oleh wali kelas. Pada kegiatan ini para santri diuji untuk mencari suatu kata dalam bahasa Arab, lalu menentukan makna yang paling tepat dalam bahasa arab juga kemudian menuliskan maknanya tersebut pada kertas yang sudah sediakan oleh panitia.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, diawali dengan pembukaan oleh Bapak Direktur KMI Al-Ustadz Nana Nashiruddin, S.Pd pada tanggal 25 September 2023 siang dan ditutup dengan lomba cerdas cermat pada tanggal 26 September 2023 malam.

Dalam sambutannya, Bapak Direktur KMI banyak menyampaikan pesan terkait dengan pentingnya acara ini.  Man arofa lughota qoumin salima min makrihim, Barang siapa yang mengetahui bahasa suatu kaum maka ia akan selamat dari tipu daya kaum tersebut.

Diharapkan dengan terselenggaranya acara ini, para santri, khususnya santri kelas 5 KMI semakin terpacu untuk meningkatkan kemampuan diri dalam mencari atau menentukan makna suatu kalimat dengan membuka kamus. Hal ini sejalan dengan salah satu Panca Jiwa Pondok, yakni berdikari. Para santri harus bisa mandiri dalam menyelesaikan masalah yang ditemukannya saat belajar bahasa. Ibaratnya, kamus merupakan kunci untuk membuka pintu, yaitu ilmu pengetahuan yang ada pada kitab-kitab tertentu berbahasa Arab.

Posting Komentar untuk "MENGASAH KEMAMPUAN BERBAHASA DENGAN KEGIATAN FATHU-L-MU’JAM"

jauhartv

Loading...