KIM : Ajang Pembentukan Karakter Pemimpin


Pembukaan KIM Oleh Kwarcab. Bengkalis
Kursus Instruktur Muda (KIM) merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa kelas 5 Kulliyatu-l Mu’allimin al-Islamiyyah (KMI) yang tahun ini berjumlah 106 santriwan dan santriwati. KIM tahun ini mengusung tema “membentuk karakter pejuang pemimpin Islam masa depan” dan bermotokan “Bekali diri, Mencetak Pramuka Sejati”. Adapun pemateri pada KIM tahun ini adalah kakak-kakak pelatih dari guru senior dan Kwarcab Bengkalis.
Acara yang berlokasi di Pondok Modern Al-Jauhar IKHD ini dilaksanakan selama 7 hari. Dimulai dari hari Ahad, 20 s.d 27 Oktober 2019. Ada beberapa metode yang digunakan dalam kursus ini yaitu: Ceramah, Diskusi, Curah Gagasan, Problem Solving, Penugasan dan kerja kelompok, Studi Kasus, Berganti pangkalan, Peragaan, Widya Wisata, Pengabdian Masyarakat, dll. Semua materi tersebut dikemas secara efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pembina yang bermutu.

Kursus Instruktur Muda (KIM) di Pondok Modern Al-Jauhar IKHD merupakan sarana pembentukan karakter pemimpin santri, khusunya santri kelas 5 KMI yang notabene sebagai pembina pramuka di pondok ini.  Dilaksanakannya acara kegiatan KIM ini juga untuk mematangkan santri kelas 5 dalam mengajar anak didik saat kegiatan kepramukaan. Tentunya, kursus ini menjadi bekal utama bagi pembina pramuka dalam mengimplementasikan ilmunya kepada anak didik.
Di akhir kegiatan ini, para peserta KIM juga akan mendapatkan penilaian dari dewan pelatih dan pembimbing sebagai ukuran kualitas mereka dalam skill kepramukaan.
Acara ini ditutup dengan kegiatan outbound di salah satu tempat wisata Bukit Naang Bangkinang Kab. Kampar. Di akhir acara, Bapak Pimpinan berpesan agar para peserta dapat menjadi pembina-pembina yang dapat menciptakan berbagai macam kegiatan yang baik di satuannya depannya masing-masing.

Loading...