Lulus Praktik Mengajar : Syarat Mutlak Menjadi Alumni Al-Jauhar Duri

Pelaksanaan Praktik Mengajar Perdana Putra oleh Ghazali Malik Santri Kelas 6B PM. Al-Jauhar IKHD
Salah satu syarat mutlak untuk menjadi alumni Pondok Modern Al-Jauhar IKHD adalah lulus Ujian Praktik Mengajar yang biasa disebut dengan al-Tarbiyah al-Amaliyah.

Al-Tarbiyah al-Amaliyah berupa simulasi praktik mengajar yang wajib diikuti seluruh santri akhir KMI di kelas dengan materi tertentu dan dibimbing minimal 2 orang pembimbing ustadz atau usthadzah yang sudah ditentukan oleh panitia.

Tahun ini, sejumlah 105 orang santri akhir KMI 2021 ‘Brilliant Generation” harus menjalani proses tersebut dengan dibagi menjadi 8 kelompok dan setiap harinya ada 2 orang yang akan melaksanakan ujian praktik mengajar di setiap kelompok. Rentetan praktik al-Tarbiyah al-Amaliyah berlangsung kurang lebih 11 hari, dimulai hari Rabu, 24 Februari 2021 hingga hari Sabtu, 6 Maret 2021.

Sebelum menghadapi rentetan ujian praktik, santri akhir KMI terlebih dahulu mengikuti pengarahan tentang pelaksanaan Amaliyah Tadris pada Hari Senin, 22 Februari 2021 lalu. Pengarahan umum yang dilaksanakan untuk menggambarkan dasar-dasar pendidikan dan pengajaran di Pondok Modern Al-Jauhar IKHD. Dengan harapan, Santri Akhir KMI akan menyadari betapa pentingnya mengajar sebagai bentuk belajar yang paling efektif bagi seorang penuntut ilmu.

Pengarahan yang dilaksanakan di Masjid Pondok Modern Al-Jauhar IKHD berlangsung dari jam 07.30 s.d 15.00 WIB, acara ini pun dihadiri seluruh santri akhir KMI, Majelis Pimpinan dan musyrif atau pembimbing amaliyah.

Sebelum praktik dilaksanakan perkelompok, terlebih dahulu diadakan al-Tarbiyah al-Amaliyah Perdana oleh 2 orang santri akhir KMI di 2 lokasi yang berbeda. Tahun ini, yang mendapat amanat untuk melaksanakan al-Tarbiyah al-Amaliyah perdana adalah:

1. Ghazali Malik 6B
2. Safira Maulidya 6A

Di setiap praktik mengajar, masing-masing kelompok wajib melaksanakan Darsu al-Naqd, yaitu pelajaran bagaimana memberi kritikan terhadap berbagai kesalahan yang terjadi selama pelaksanakan al-Tarbiyah al-Amaliyah berlangsung di bawah bimbingan para musyrif.

Kulliyyatul Mua’llimin Al-Islamiyyah (KMI) Pondok Modern Al-Jauhar IKHD merupakan lembaga formal yang menangani kegiatan proses belajar mengajar santri yang memiliki tujuan utama untuk melahirkan guru-guru muslim, dalam hal ini al-Tarbiyah al-Amaliyah adalah salah satu kunci utamanya. Dengan kegiatan tersebut dapat diketahui apakah seorang santri akhir KMI sudah layak untuk menjadi guru yang merupakan hakikat alumni Pondok Modern Al-Jauhar IKHD.

Posting Komentar untuk "Lulus Praktik Mengajar : Syarat Mutlak Menjadi Alumni Al-Jauhar Duri"

jauhartv

Loading...