HARI RAYA IDUL ADHA DI PONDOK MODERN AL-JAUHAR IKHD


Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang sangat istimewa bagi ummat Islam di seluruh penjuru dunia, karena hari itu adalah hari dimana para muslimin menunaikan Ibadah Sholat Idul Adha dan Ibadah Qurban. Setelah berijtihad dengan ru’yah hilal dan hisab, Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersepakat menyatakan bahwa Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021. Meski berbeda waktu pelaksanaanya dengan Negara Arab Saudi, Bapak Pimpinan Pondok Modern Al-Jauhar IKHD pada akhirnya memutuskan bahwa perayaan Idul Adha di PM Al-Jauhar IKHD tahun ini jatuh pada hari Selasa (20/7), sesuai dengan keputusan pemerintah Indonesia.

Selasa pagi, pukul 06.30 WIB, segenap majelis pimpinan, dewan guru, santri dan warga Al-Jauhar menunaikan Ibadah Sholat Idul Adha berjamaah di lapangan basket putri, adapun yang bertugas sebagai imam yaitu Al-Ustadz ahmad gunawan (Bagian staff pengasuhan santri), dan Al-Ustadz Halim syamsuar (Bagian listrik dan air) sebagai petugas imam sholatnya.

Seusai Sholat Idul Adha, seluruh Panitia Qurban yang terdiri dari guru dan santri putra bergegas pergi menuju tempat pemotongan hewan Qurban yaitu tepatnya dibelakang gedung KMI untuk segera melaksanakan prosesi pemotongan hewan qurban, sekitar pukul 08.30 pemotongan hewan Qurban dimulai, adapun petugas pemotongan hewan Qurban pada tahun ini yaitu diamanahkan kepada Al-Ustadz Yahya setiadi ST.S.Pd.I

Idul Adha tahun ini, jumlah hewan qurban di Pondok Modern Al-Jauhar IKHD sebanyak 6 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Adapun total hewan qurban di Al-Jauhar yaitu mencapai 9 ekor.
"Tidaklah seorang manusia melakukan suatu amal pada hari Nahar (10 Dzulhijjah) yang lebih dicintai Allah SWT daripada menumpahkan darah (menyembelih kurban). Sesungguhnya, hewan kurban itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, bulu dan kukunya. Sesungguhnya Allah telah menerima niat berkurban itu sebelum darahnya jatuh ke tanah. Maka jadikanlah diri kamu menyukai ibadah kurban itu," (HR. Al Hakim, Ibnu Majah, dan at Tirmidzi.)

Posting Komentar untuk "HARI RAYA IDUL ADHA DI PONDOK MODERN AL-JAUHAR IKHD"

jauhartv

Loading...