“Al-Tarbiyah Al-Amaliyah” MELATIH CALON ALUMNI AL-JAUHAR MENJADI SEORANG GURU YANG HAQIQI !!!


Untuk mencetak guru-guru yang unggul dan berkualitas, KMI Pondok Modern Al-Jauhar (IKHD) selalu mengadakan ujian praktek mengajar “Al-Tarbiyah Al-Amaliyah” bagi Siswa Akhir KMI. Kali ini, Intellegent Generation yang berjumlah 100 orang santri diuji kualitas mengajarnya, mereka harus menjalani proses ini dengan penuh kesungguhan, karena syarat untuk menjadi alumni Al-Jauhar yaitu lulus dalam ujian praktik mengajar.

Al-Tarbiyah al-Amaliyah ini berlangsung selama 9 hari, mulai dari tanggal 8 sampai 17 November 2021. Diawali dengan review materi tarbiyah di tiap-tiap kelas, dilanjutkan dengan beberapa pengarahan tentang standarisasi Guru KMI PMAJ serta tata cara mengajar yang baik dan benar.

Dalam pelaksanaannya, seluruh santri akhir dibagi menjadi 16 kelompok (8 kelompok putra) dan (8 kelompok putri). Setiap harinya ada 8 siswa yang melaksanakan ujian praktik mengajar di kelas-kelas dengan materi tertentu, serta dibimbing oleh 16 orang pembimbing dari guru KMI tahun 5 ke atas.

Seperti biasanya, sebelum ujian dilaksanakan perkelompok, diadakan terlebih dahulu al-Tarbiyah al-Amaliyah Perdana, masing-masing perwakilan 1 orang putra dan 1 orang putri. Adapun santri akhir KMI yang mendapat amanat untuk melaksanakan al-Tarbiyah al-Amaliyah Perdana tahun ini adalah :

1. Firman Ilahi 6B (Duri)
2. Aulia Rahmadiani Putri 6A (Dumai)

Dalam ujian ini, banyak pelajaran berharga yang didapat oleh para santri, salah satunya yaitu Dars al-Naqd. Mereka dilatih untuk memberikan kritik yang benar kepada para pengajar setelah melaksanakan al-Tarbiyah al-Amaliyah.

Alhamdulillah ujian praktik mengajar berjalan dengan lancar hingga usai. Setelah ini, mereka akan langsung dihadapi dengan ujian berikutnya, yaitu ujian lisan dan ujian tulis. Semoga siswa akhir KMI Intellegent Generation senantiasa diberikan kekuatan, kemudahan, dan kelancaran, serta mendapatkan hasil yang terbaik.

Posting Komentar untuk "“Al-Tarbiyah Al-Amaliyah” MELATIH CALON ALUMNI AL-JAUHAR MENJADI SEORANG GURU YANG HAQIQI !!!"

jauhartv

Loading...