KULIAH ETIKET: PESAN DAN NASEHAT BAPAK PIMPINAN UNTUK BEKAL SANTRI SELAMA LIBURAN

Bagi sebagian besar orang, liburan memang identik dengan bepergian atau bersenang-senang. Namun, sebenarnya liburan juga memiliki definisi dan esensi lain yang lebih pokok, tidak melulu dimaknai demikian. Perpindahan atau pergantian dari rutinitas positif yang kita jalani ke aktivitas atau kegiatan positif lainnya, itu juga liburan, itu juga istirahat. Nilai moral ini pulalah yang selalu digaungkan kepada para santri di Pondok Modern Al-Jauhar IKHD.
Ya, ar-roohatu fii tabaadulil a’maal الراحة فى تبادل الأعمال. Begitulah nasihat sekaligus pesan yang sering kali digemakan kepada para santri, seperti yang juga disampaikan dan diingatkan kembali oleh Bapak Pimpinan Al-Ustadz Hayono, M.Pd.I pada kegiatan Kuliah Etiket (Etika atau Adab Kesopanan) menjelang liburan Idul Fitri 1443 H tahun ajaran 2021 - 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 17 April 2022 di Masjid Al-Jauhar IKHD.

Sudah menjadi sunah Al-Jauhar sekaligus agenda rutin, bahwa menjelang perpulangan liburan, seluruh santri berkumpul bersama di masjid untuk mengikuti pengarahan liburan. Sepanjang pelaksanaannya selama ini, Kuliah Etiket memang dilaksanakan setiap menjelang perpulangan liburan guna pengarahan serta penyampaian pesan dan nasihat liburan bagi para santri yang selalu disampaikan oleh Bapak Pemimpin dalam sebuah forum perkumpulan.

Kuliah Etiket bertujuan untuk mengingatkan kepada seluruh santri agar dapat mengisi waktu liburan mereka di rumah dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan tetap menerapkan ilmu-ilmu serta kebiasaan-kebiasaan baik selama di pondok pesantren, termasuk dalam hal menjaga dan memperhatikan etika atau adab kesopanan dalam bermuamalah dengan keluarga dan masyarakat.

Pada kesempatan ini Bapak Pimpinan menyampaikan beberapa poin penting yang perlu dan harus selalu ditanamkan dalam hati dan pikiran setiap santri selama menghabiskan waktu liburan di rumah. Salah satunya yaitu tentang pentingnya memaknai definisi dan esensi liburan itu sendiri.

Sebagai lembaga pendidikan yang kehidupan dan disiplinnya tersistem selama 24 jam, salah satu dasar yang diyakini oleh Pondok Modern Al-Jauhar IKHD tentang liburan adalah ar-roohatu fii tabaadulil a’maal الراحة فى تبادل الأعمال. Bahwa istirahat atau liburan dianggap sebagai bentuk perpindahan atau pergantian dari suatu pekerjaan atau kegiatan ke pekerjaan atau kegiatan yang lain.

Setiap individu santri harus memahami bahwa libur itu bukan berarti tidur dan libur itu bukan tidak mengerjakan apa-apa. Oleh karena itu, sangat baik sekali apabila sebagai seorang muslim dan sebagai seorang santri Pondok Modern Al-Jauhar IKHD berkeyakinan bahwa Roohah راحة atau istirahat itu memang tidak ada. Dalam artian bahwa istirahat itu sebenarnya ada pada saat kita berganti atau berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain, itulah definisi istirahat sebenarnya yang perlu untuk dipahami setiap santri.

Apa lagi, tanpa disadari sebenarnya juga para santri di pondok pesantren sudah belajar dan melakukan berbagai macam aktivitas dan kegiatan, istirahatnya adalah ketika berpindah dari suatu kegiatan menuju kegiatan yang lainnya. Begitulah nasihat dan pesan tentang esensi liburan yang disampaikan oleh Bapak Pimpinan.

Selamat liburan, anak-anak. Tetap jaga dirimu selama liburan, tetap patuhi aturan dan protokol kesehatan jika ada kebutuhan untuk keluar rumah atau bepergian. Selama liburan, antum semua kembali menjadi tanggung jawab orang tua di rumah masing-masing, maka buatlah orang tuamu bangga dan bahagia dengan kehadiranmu di rumah selama liburan. Bantu ringankan beban orang tua di rumah, bukan malah menambah beban keduanya.

Sekali lagi, selamat liburan untuk santri-santri Pondok Modern Al-Jauhar IKHD. Semoga liburanmu penuh manfaat, rahmat, dan berkat. Aamiin Yaa Rabb Allahumma Aamiin. (Abu Farid)

Posting Komentar untuk "KULIAH ETIKET: PESAN DAN NASEHAT BAPAK PIMPINAN UNTUK BEKAL SANTRI SELAMA LIBURAN"

jauhartv

Loading...