UJIAN TULIS AKHIR SEMESTER PM. AL-JAUHAR IKHD : DENGAN UJIAN SESEORANG AKAN DIMULIAKAN ATAU DIHINAKAN

(Oleh Ghazali Malik)
Bil imtihaani yukromul mar’u au yuhanu”, begitulah bunyi semboyan yang selalu didengarkan oleh para santri dan guru se-Al-Jauhar. Penggalan kalimat dalam bahasa Arab yang kurang lebih memiliki arti “Dengan ujian seseorang akan dimuliakan atau dihinakan”. Maka tidak salah jika semboyan ini menjadi salah satu rumus kehidupan dalam proses belajar mengajar di Pondok Modern Al-Jauhar IKHD.

Setelah melangsungkan ujian lisan selama 5 hari, Pondok Modern Al-Jauhar IKHD langsung melaksanakan ujian tulis. Ujian tulis tersebut bertujuan untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana kemampuan santri dalam memahami pelajaran. Ujian tulis semester genap Tahun Pendidikan 2021-2022 di Al-Jauhar IKHD Insya Allah akan berlangsung selama 9 hari terhitung mulai tanggal 20 Juni 2022 dan akan berakhir pada tanggal 29 Juni 2022.

Seperti biasa, sebelum pelaksanaan ujian dimulai, terlebih dahulu diadakan upacara pembukaan di Lapangan Basket putra, yang dihadiri oleh Majelis Pimpinan, Dewan Guru serta seluruh santriwan dan santriwati Al-Jauhar. Al-Ustadz Haryono, M.Pd.I selaku Bapak Pimpinan diberi waktu untuk menyampaikan pesan dan nasehatnya dan dilanjutkan dengan Bapak Direktur KMI yang menyampaikan arahan teknis tentang bagaimana pelaksanaan Ujian Tulis TP 2021-2022.

Selama ujian tulis dilaksanakan, Al-Jauhar tidak memberikan izin pulang seluruh santri kecuali ada sesuatu yang darurat, selain itu, kunjungan wali juga ditiadakan dan hanya diperbolehkan utnuk mengirim paket makanan dan barang-barang lainnya. Hal ini bertujuan agar santriwan dan santriwati Al-Jauhar fokus kepada ujian yang sedang berlangsung, mudah-mudahan Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran bagi santriwan dan santriwati dalam menimba ilmu di Pondok Modern Al-Jauhar IKHD.
Nilai merupakan hal penting dalam sebuah ujian, akan tetapi kehormatan ujian adalah mutlak segala-galanya. - Ustadz Haryono, M.Pd.I

Posting Komentar untuk "UJIAN TULIS AKHIR SEMESTER PM. AL-JAUHAR IKHD : DENGAN UJIAN SESEORANG AKAN DIMULIAKAN ATAU DIHINAKAN"

jauhartv

Loading...