UJIAN LISAN SEMESTER GENAP TP. 2021 - 2022 : MENGUJI MENTALITAS SANTRI


Ujian Lisan (Syafahi) merupakan salah satu rangkaian proses pendidikan di Pondok Modern Al-Jauhar IKHD sebelum pelaksanaan ujian tulis (tahriri). Pada ujian lisan ini, santri dan santriwati diuji secara langsung oleh dua orang penguji yang terdiri dari ustadz dan santri akhir dalam sebuah ruangan yang telah ditentukan oleh panitia. Ujian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman serta hafalan santri dan santriwati sebelum mengikuti pelaksanaan ujian tulis (Tahriri).

Ujian lisan semester genap Tahun Ajaran 2021-2022 dilaksanakan selama lima hari. Sejak Senin, 13 s.d Jum’at 17 Juni 2022. Adapun materi yang diujikan pada ujian lisan terbagi menjadi tiga, yaitu Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Al-Qur’an. Bahasa Arab meliputi pelajaran Nahwu, Sharaf, Muthalaah, Tarjamah, Muhadtsah dan Mufrodat. Materi Bahasa inggris terdiri dari pelajaran Bahasa Inggris, Reading dan Grammar. Adapun Al-Qur’an mencakup Tajwid, Ibadah Qauliyah dan Ibadah Fi’liyah sesuai dengan tingkatan kelas masing – masing.

Apabila sang santri memiliki rasa percaya diri, mental yang kuat, dan persiapan yang matang, maka ia akan menyelesaikannya dengan tenang dan baik. Sebaliknya, apabila ia tidak percaya diri, merasa takut, grogi, serta merasa ragu dalam menjawab pertanyaan dari para penguji di ruangan, maka pelajaran, pemahaman, serta hafalannya bisa hilang dalam sekejap mata.

Maka kepercayaan diri dan mentalitas seorang santri sangat penting dan dibutuhkan untuk menghadapi para penguji yang dimana, setiap penguji memiliki ciri khas tersendiri dalam melontarkan pertanyaan kepada santri yang diuji kala itu.

Semoga para santri diberikan kemudahan dan kekuatan oleh Allah Swt. dalam menghadapi ujian kali ini, tentunya dengan senantiasa memperhatikan protokol kesehatan dan disiplin ujian.

Posting Komentar untuk "UJIAN LISAN SEMESTER GENAP TP. 2021 - 2022 : MENGUJI MENTALITAS SANTRI"

jauhartv

Loading...