PELAKSANAAN ULANGAN UMUM, TANDA UJIAN SEMESTER GANJIL SUDAH DEKAT


Menjelang pertengahan tahun, KMI Pondok Modern Al-Jauhar IKHD selalu adakan kegiatan Ulangan Umum atau “Muroja’ah Al-A’maah“ selama 9 hari, terhitung dari tanggal 17 s.d 26 Oktober 2022, kegiatan Muroja’ah bagi para santri sebagai rambu rambu peringatan bahwa kegiatan pembelajaran sudah melewati pertengahan semester, dan menjadi lampu kuning sebagai pertanda waktu untuk bergegas mempersiapkan diri karena setelah itu ujian semester satu pun akan datang.

Muraja’ah kali ini dilaksanakan sama seperti semester-semester sebelumnya yaitu setiap harinya seluruh santri mengerjakan ujian mereka pada dua atau tiga mata pelajaran sesuai kelas masing - masing, dan dilaksanakan di kelas dengan pengawas dari pembina/guru dan dibantu satu orang dari santri akhir KMI.

Seluruh rangkaian kegiatan Ulangan Umum Semester Ganjil ini menjadi ajang evaluasi pembelajaran peserta didik selama setengah semester baik bagi guru maupun santri, diharapkan dengan dilaksanakannya ulangan umum, evaluasi untuk perbaikan layanan pendidikan semakin terukur. Juga untuk menumbuhkan sikap kejujuran peserta didik dalam menjawab soal-soal ujian, jangan sampai karena ingin mendapatkan nilai yang bagus, para santri mencontek. Sungguh itu adalah perbuatan yang sangat tidak baik.

Mengingat sebuah pepatah yang sering disebutkan oleh Bapak Pimpinan dalam pidato beliau, bil imtihani yukromu-l mar’u au yuhanu, dengan ujian manusia bisa menjadi mulia (dimuliakan) ataupun bahkan bisa menjadi hina (dihinakan).

Posting Komentar untuk "PELAKSANAAN ULANGAN UMUM, TANDA UJIAN SEMESTER GANJIL SUDAH DEKAT"

jauhartv

Loading...