Hadapi Amaliyah Siswa Akhir, KMI Adakan Pra-Micro Teaching


Sudah menjadi sunnah Pondok Modern Al-Jauhar IKHD bagi siswa Kelas 6 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) untuk mengikuti Ujian Praktik Mengajar (‘Amaliyatu at-Tadrisi) sebagai bagian dari ujian akhir kelulusan mereka.

Sebelum dilaksanakan praktik mengajar, terlebih dahulu KMI mengadakan pra amaliyah atau pra micro teaching, hal ini guna mematangkan persiapan dalam menghadapi kegiatan amaliyah yang sesungguhnya, Pondok Modern Al-Jauhar IKHD melalui bagian KMI mengadakan pra-micro teaching untuk seluruh Siswa Akhir KMI 2021 dengan musyrif dan guru materi sebagai pembimbingnnya, Acara tersebut dimulai pada tanggal 1 - 13 Februari 2021. Sementara untuk waktu pelaksanaan pra-micro teaching diadakan pada jam belajar yang sudah ditentukan oleh staff KMI.

Tiga Hari sebelum pra-micro teaching tersebut dilaksanakan, bagian KMI terlebih dahulu mengadakan pengarahan untuk menjelaskan materi Tarbiyah Amaliyah, dari mulai tata cara penulisan I’dad yang meliputi tujuan umum, tujuan khusus, langkah – langkah pembelajaran atau Thuruqu At-Tadris, dan naqdu tadris. Pengarahan ini dilaksanakan selama 1 hari di masjid Al-Jauhar, setelah itu langsung diadakan praktek amaliyah oleh beberapa santri sebagai role model.

Ada perbedaan yang menonjol dalam pelaksanaannya pada tahun ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu praktik pra amaliyah dilaksanakan pada semester 1 dan masing – masing siswa akhir melaksanakan pra amaliyah sebanyak minimal 2 kali. Akan tetapi pada tahun ini pra amaliyah dilaksanakan pada semester 2 dan masing – masing dari santri akhir melaksanakan pra amaliyah sebanyak 1 kali, hal ini pun dipengaruhi oleh pandemi yang sedang melanda dunia, sehingga jadwal kegiatan yang sudah disusun secara matang oleh majelis pimpinan mengalami perubahan dari sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Hadapi Amaliyah Siswa Akhir, KMI Adakan Pra-Micro Teaching"

jauhartv

Loading...