PERTAJAM BAHASA SANTRI DENGAN FATHUL MU’JAM!!!


Ujian Fathu-l-mu’jam wa-l-mu’jam al-mufahros adalah kegiatan rutin tahunan di Pondok Modern Al-Jauhar IKHD, yang dikhususkan bagi santri Kelas 5 KMI.

Fathu-l-mu’jam wa-l-mu’jam al-mufahros adalah kegiatan membuka kamus bahasa Arab, yaitu Munjid dan kamus ayat-ayat Al-Qur’an, yaitu Al-Mu’jam Al-Mufahros Li Alfadzi-l-Qur’an. Dalam kegiatan ini, para siswa diuji untuk mencari suatu kata dalam bahasa Arab, lalu menentukan makna yang paling tepat dan menuliskannya, juga menentukan letak suatu ayat dalam Al-Qur’an.

Pada tahun ini ujian berlangsung selama 2 hari yang dimulai dari hari Senin s.d. Selasa (27-28/9/2021) di Masjid Jami’ Al –Jauhar dan Gedung Ali Bin Abi Thalib, yang diikuti oleh seluruh santri kelas 5 KMI sebanyak 100 orang peserta. Adapun panitia penyelenggaraan kegiatan ini diamanahkan kepada wali kelas 5, perwakilan bagian KMI dan melibatkan segenap guru pembina sebagai pengawas dan pengkoreksi ujian.

Pada hakikatnya, ujian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan santri dalam berbahasa Arab. Pasalnya, para santri diwajibkan memiliki, membawa, dan mampu memfungsikan kedua kamus ini dengan baik. Ilmu Nahwu dan Sharaf yang begitu diperlukan sebagai modal dalam membuka kamus ini dengan cepat, juga menjadikan mereka kembali mendalami dan mempelajarinya.

Kegiatan tersebut ditutup pada Selasa malam (28/9/21) oleh Al-Ustadz Nana Nashiruddin S.Pd selaku Bapak Direktur KMI, Beliau banyak menyampaikan terkait pentingnya acara ini. Karena dengan acara seperti ini dapat meningkatkan bahasa santri, “Al-lughotu taju-l-ma’had”, bahasa adalah mahkotanya pondok.

Semoga dengan terselenggaranya acara ini dengan lancar, para santri dapat mendapat manfaat yang besar dan pengalaman yang berharga untuk meraih masa depan yang gemilang, amiin ya robbal ‘alamiin.
“Man Arofa Lughota Qoumin Salima Min Makrihim,”
BARANG SIAPA YANG MENGETAHUI BAHASA SUATU KAUM MAKA IA AKAN SELAMAT DARI TIPU DAYA KAUM TERSEBUT.

Posting Komentar untuk "PERTAJAM BAHASA SANTRI DENGAN FATHUL MU’JAM!!!"

Loading...